-
kali ini akan saya sebutkan teknologi-teknologi transmisi otomatis pada mobil yang telah dikembangkan oleh berbagai merk dunia. Berbagai pengembangan telah dilakukan oleh merk-merk tersebut - Transmisi Otomatis Mobil Honda
Pabrikan mobil Honda telah mengembangkan teknologi transmisi otomatis
sejak tahun 1960-an. Disaat pabrikan mobil Jepang lain sibuk mengejar
kontrak dengan pemegang hak paten atas transmisi otomatis Borg Warner,
Honda justru berinisiatif untuk mengembangkan sistem transmisi otomatis
sendiri. Alasannya adalah karena sistem transmisi otomatis pada saat itu
berukuran terlalu besar sehingga dirasa kurang efisien untuk
diaplikasikan pada mobil-mobil Honda yang didesain lebih kecil daripada
mobil-mobil pabrikan Amerika Serikat. Alhasil mereka berhasil
mengembangkan sistem transmisi otomatis yang khas “ala” Honda, dan
diberi sebutan Hondamatic.
Hondamatic 4-PercepatanBerbeda dengan sistem transmisi roda gigi otomatis pada umumnya yang menggunakan roda gigi planetary, Hondamatic menggunakan sistem roda gigi dengan sumbu poros sejajar seperti pada sistem transmisi manual. Tiap-tiap rasio roda gigi dikontrol oleh sistem kopling yang terpisah antara satu dengan yang lainnya. Dan kopling tersebut dikontrol oleh sistem hidrolis.
Hondamatic ModernSaat ini Honda telah mengembangkan sistem transmisi Hondamatic yang dipergunakan untuk kendaraan ATV (All Terrain Vehicles) merk Honda. Sistem transmisi ini menggunakan prinsip hydromechanical continuously variable transmission, yang menggunakan sebuah pompa hidrolis berjenis Swash-Plate serta satu buah motor hidrolis Adjustable Swash-Plate.
ATV Dengan Transmisi Otomatis HondamaticPompa Swash-Plate adalah sebuah pompa dengan beberapa piston, yang tersusun secara sejajar dengan sumbu poros penggerak (baca artikel Swash-Plate Pump berikut). Motor hidrolik swash-plate pada sistem ini menjadi variabel bebas yang menentukan rasio transmisi sistem. Sisi miring motor hidrolik swash-plate dapat berubah-ubah sudut kemiringannya sesuai dengan tekanan hidrolis yang dibangkitkan serta medan jalan yang dihadapi. Motor hidrolik ini terhubung dengan poros penggerak roda, sehingga perubahan sudut kemiringan swash-plate ini menyebabkan perubahan kecepatan putaran poros tersebut.
Pengembangan sistem transmisi Hondamatic untuk mobil masih berlanjut hingga saat ini. Sejak diperkenalkannya sistem hondamatic dengan kode H2 kepada dunia tahun 1973 pada mobil Civic, Accord, serta Prelude, sistem hondamatic untuk mobil terus dikembangkan. Pengembangan terakhir hondamatic untuk mobil Honda diberi kode H6 diperkenalkan pada tahun 2010 menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission dengan 6-percepatan maju dan 1-reverse, dan diaplikasikan pada Honda Accord keluaran tahun 2013.
(Sumber) - Transmisi Otomatis Produksi Aisin
Aisin adalah salah satu pabrikan otomotif yang fokus memproduksi
sistem transmisi mobil. Berbagai merk mobil terkenal menggunakan sistem
transmisi yang diproduksi oleh Aisin. Merk-merk terkenal seperti Toyota,
Mazda, Jeep, Volvo, Peugeot, sampai Alfa Romeo konsisten menggunakan
transmisi keluaran Aisin. Data pasar di tahun 2005, Aisin berhasil
menguasai pangsa pasar sistem transmisi mobil sebesar 16,4% dengan
memproduksi 4,9 juta unit sistem transmisi dan telah melampaui General
Motor.
Alfa Romeo Brera Menggunakan Transmisi Otomatis Aisin AWTF-80 SCAisin pertama kali memproduksi transmisi otomatis pada tahun 1969 setelah bekerjasama dengan produsen sistem transmisi lainnya BorgWarner. Sistem transmisi otomatis yang diproduksi oleh Aisin menggunakan prinsip dasar planetary gearset seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Sebagai salah satu contoh sistem transmisi otomatis terbaru yang dikembangkan oleh Aisin adalah tipe AWTF-80 SC. Transmisi tipe ini digunakan pada mobil-mobil mewah seperti Alfa Romeo (159, Brera, Spider), Cadillac BLS, Citroën (C6, DS5), Fiat Croma, Ford (Fusion, Mondeo), Land Rover (FreeLander 2, Range Rover Evoque), Mazda (CX-7, CX-9), Opel (Zafira, Insignia), Peugeot (508, 607), Renault (Espace, Vel Satis), dan Volvo (V60, S80, CX70, CX90).
Sistem Transmisi Aisin AWTF-80 SCTransmisi Aisin AWTF-80 SC didesain untuk mesin mobil jenis transversal yang dapat menghasilkan torsi sebesar 440 N·m (324.5 ft·lbf). Mesin transversal adalah mesin dengan posisi crankshaft tegak lurus terhadap sumbu utama mobil, posisi ini sangat umum dipakai pada mobil dengan penggerak roda depan.
Spesifikasi Aisin AWTF-80 SCTim desainer Aisin AWTF-80 SC membuat transmisi ini memiliki 6 tingkat percepatan yang memiliki ukuran blok transmisi yang sama dengan sistem manual. Transmisi ini mengkombinasikan sistem transmisi roda gigi planetary berpinion 5 dengan sistem roda gigi Ravigneaux yang memiliki dua roda gigi matahari dengan ukuran yang berbeda. Perpindahan antar rasio roda gigi diatur oleh sistem kopling clutch-to-clutch. Sistem kopling clutch-to-clutch menghilangkan fungsi pita baja yang digunakan untuk mengunci roda gigi pada posisi stasioner, karena digunakannya kopling gesek kedua untuk mengunci kopling gesek yang pertama yang sedang mengunci roda gigi pada posisi tertentu.
Pengaturan sistem clutch-to-clutch ini dilakukan oleh sistem kontrol elektrik (Transmission Control Module/TCM) canggih. Pada transmisi Aisin AWTF-80 SC, TCM terletak di dalam blok sistem transmisi, sehingga tidak diperlukan sistem perkabelan yang rumit di luar sistem transmisi. Sistem transmisi ini membutuhkan oli hidrolis sebanyak 8 liter untuk operasionalnya.
(Sumber) - Transmisi Otomatis Produksi General Motors
General Motors (GM) menjadi produsen mobil pertama yang menggunakan
sistem transmisi gearbox otomatis di dunia. Mobil pertama yang
diproduksi oleh GM dengan transmisi otomatis adalah Oldsmobiles pada
tahun 1939 dan dipasarkan setahun setelahnya. Sejak saat itu sistem
transmisi otomatis yang dikembangkan oleh GM terus berkembang. Dan
berikut adalah teknologi-teknologi transmisi otomatis tersebut:
- Hydramatic (1940-1970). Menjadi sistem transmisi otomatis pertama
yang dikembangkan oleh GM. Transmisi ini menggunakan tiga set roda-gigi
planetary, dua fluid-coupling (bukan torsi konverter), serta dua pompa hidrolis. Hydramatic memiliki 4-percepatan maju dan 1-percepatan mundur.
Transmisi HydramaticPerkembangan selanjutnya sistem hydramatic digunakan pada berbagai merk mobil keluaran GM, diantaranya adalah Flightpitch, Dynaflow, dan Dual Path Turbine Drive untuk Buick, Powerglide untuk Chevrolet, Turboglide untuk Chevrolet V8, serta Roto-Hydramatic untuk Oldsmobiles. - Turbo-Hydramatic (1970-1990an). Turbo-Hydramatic (TH) adalah
pengembangan dari sistem Hydramatic. Perubahan yang dilakukan GM adalah
dengan menggantikan posisi fluid-coupling dengan torque-converter.
Transmisi Turbo-HydramaticTransmisi Turbo-Hydramatic tidak hanya digunakan oleh mobil-mobil keluaran GM saja, namun juga merk-merk mobil terkenal lainnya seperti Ferrari 400, Jaguar XJ-12, Rolls-Royce Silver Shadow, dan Nissan Prince Royal. - Electronic-Hydramatic (1990-sekarang). Pengembangan yang dilakukan
GM untuk sistem transmisi yang terakhir adalah Electronic-Hydramatic
(EH). Salah satu transmisi EH adalah tipe 4L30-E yang diproduksi oleh GM
divisi transmisi yang ada di Strasbourg, Perancis. Salah satu mobil
yang menggunakan transmisi tipe ini adalah BMW 325i keluaran tahun
1992-1995.
Transmisi Electronic-Hydramatic Tipe 4L30-ESistem kontrol elektronik pada tipe 4L30-E memiliki fasilitas-fasilitas canggih seperti kemampuan adaptif sistem terhadap gaya mengemudi pengendara, pengaturan kompensasi temperatur dan tekanan oli hidrolis, proteksi over-speed pada mesin, proteksi terhadap temperatur tinggi yang ekstrim, dan lain sebagainya.
- Hydramatic (1940-1970). Menjadi sistem transmisi otomatis pertama
yang dikembangkan oleh GM. Transmisi ini menggunakan tiga set roda-gigi
planetary, dua fluid-coupling (bukan torsi konverter), serta dua pompa hidrolis. Hydramatic memiliki 4-percepatan maju dan 1-percepatan mundur.
Minggu, 29 Maret 2015
TRANSMISI OTOMATIS
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar