Prinsip Kerja Turbo
(Sumber)
Pada kondisi normal motor bakar torak, udara masuk ke dalam ruang
bakar adalah akibat dari gerakan hisap dari torak. Gerakan hisap torak
akan menciptakan tekanan negatif di dalam ruang bakar, yang jika diikuti
dengan terbukanya katup manifold, maka udara dalam jumlah
tertentu akan masuk ke dalam ruang bakar karena tekanan udara masuk
(atmosfer) lebih besar daripada tekanan di dalam ruang bakar. Dan karena
putaran siklus motor bakar bekerja dengan sangat cepat, maka udara yang
masuk ke ruang bakar pada saat siklus hisap berjumlah relatif sedikit.
Jumlah udara yang relatif sedikit ini akan diikuti pula dengan
sedikitnya jumlah bahan bakar yang masuk sesuai dengan setting
sistem pencampuran bahan bakar di ruang bakar (karburator maupun
injeksi). Dengan kondisi ini, daya mesin yang dihasilkanpun relatif
rendah pula. (Sumber)
Penggunaan turbocharger akan meningkatkan daya keluaran motor bakar. Karena kompresor dari turbo akan meningkatkan tekanan dan kuantitas udara yang masuk ke ruang bakar pada saat siklus hisap. Secara otomatis, kuantitas campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar pada satu siklus motor akan lebih banyak. Kuantitas campuran bahan bakar dan udara yang lebih banyak inilah yang menghasilkan daya total siklus menjadi lebih besar daripada mesin konvensional yang tidak menggunakan turbo.
(a) Mesin BMW N26 dengan turbocharge
(b) Mesin BMW M54 tanpa turbocharge
Pembangkitan daya yang relatif lebih besar ini, memungkinkan para
produsen kendaraan bermotor untuk mendesain mesin dengan kapasitas ruang
bakar kecil, namun menghasilkan daya total yang sama dengan mesin
berkapasitas besar. Sebagai salah satu contoh, sejak tahun 2012 produsen
mobil BMW membuat mesin N26 berkapasitas 1.997cc yang dilengkapi dengan
turbocharge. Mesin ini mampu menghasilkan 241 tenaga kuda pada
putaran mesin 6500rpm. Angka tersebut cukup jauh jika dibandingkan
dengan mesin BMW M54 (tahun 2000-2006) berkapasitas 2.494cc yang hanya
menghasilkan daya 181 tenaga kuda pada putaran 6000rpm.(b) Mesin BMW M54 tanpa turbocharge
Turbocharge tersusun atas berbagai komponen. Komponen-komponen tersebut termasuk turbin, kompresor, shaft, dan casing sebagai komponen utamanya. Penggunaan turbo juga didukung oleh berbagai komponen pendukung seperti pendingin udara, sistem ECU (Electric Control Unit), distribusi oli pelumas, dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar