Minggu, 29 Maret 2015

TRANSMISI OTOMATIS

  •  
    kali ini akan saya sebutkan teknologi-teknologi transmisi otomatis pada mobil yang telah dikembangkan oleh berbagai merk dunia. Berbagai pengembangan telah dilakukan oleh merk-merk tersebut
  • Transmisi Otomatis Mobil Honda Pabrikan mobil Honda telah mengembangkan teknologi transmisi otomatis sejak tahun 1960-an. Disaat pabrikan mobil Jepang lain sibuk mengejar kontrak dengan pemegang hak paten atas transmisi otomatis Borg Warner, Honda justru berinisiatif untuk mengembangkan sistem transmisi otomatis sendiri. Alasannya adalah karena sistem transmisi otomatis pada saat itu berukuran terlalu besar sehingga dirasa kurang efisien untuk diaplikasikan pada mobil-mobil Honda yang didesain lebih kecil daripada mobil-mobil pabrikan Amerika Serikat. Alhasil mereka berhasil mengembangkan sistem transmisi otomatis yang khas “ala” Honda, dan diberi sebutan Hondamatic.
    20121104-091631 AM.jpg
    Hondamatic 4-Percepatan
    Berbeda dengan sistem transmisi roda gigi otomatis pada umumnya yang menggunakan roda gigi planetary, Hondamatic menggunakan sistem roda gigi dengan sumbu poros sejajar seperti pada sistem transmisi manual. Tiap-tiap rasio roda gigi dikontrol oleh sistem kopling yang terpisah antara satu dengan yang lainnya. Dan kopling tersebut dikontrol oleh sistem hidrolis.
    20121104-103940 AM.jpg
    20121104-104712 AM.jpg
    Hondamatic Modern
    Saat ini Honda telah mengembangkan sistem transmisi Hondamatic yang dipergunakan untuk kendaraan ATV (All Terrain Vehicles) merk Honda. Sistem transmisi ini menggunakan prinsip hydromechanical continuously variable transmission, yang menggunakan sebuah pompa hidrolis berjenis Swash-Plate serta satu buah motor hidrolis Adjustable Swash-Plate.
    20121104-105049 AM.jpg
    ATV Dengan Transmisi Otomatis Hondamatic
    Pompa Swash-Plate adalah sebuah pompa dengan beberapa piston, yang tersusun secara sejajar dengan sumbu poros penggerak (baca artikel Swash-Plate Pump berikut). Motor hidrolik swash-plate pada sistem ini menjadi variabel bebas yang menentukan rasio transmisi sistem. Sisi miring motor hidrolik swash-plate dapat berubah-ubah sudut kemiringannya sesuai dengan tekanan hidrolis yang dibangkitkan serta medan jalan yang dihadapi. Motor hidrolik ini terhubung dengan poros penggerak roda, sehingga perubahan sudut kemiringan swash-plate ini menyebabkan perubahan kecepatan putaran poros tersebut.
    Pengembangan sistem transmisi Hondamatic untuk mobil masih berlanjut hingga saat ini. Sejak diperkenalkannya sistem hondamatic dengan kode H2 kepada dunia tahun 1973 pada mobil Civic, Accord, serta Prelude, sistem hondamatic untuk mobil terus dikembangkan. Pengembangan terakhir hondamatic untuk mobil Honda diberi kode H6 diperkenalkan pada tahun 2010 menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission dengan 6-percepatan maju dan 1-reverse, dan diaplikasikan pada Honda Accord keluaran tahun 2013.
    (Sumber)
  • Transmisi Otomatis Produksi Aisin Aisin adalah salah satu pabrikan otomotif yang fokus memproduksi sistem transmisi mobil. Berbagai merk mobil terkenal menggunakan sistem transmisi yang diproduksi oleh Aisin. Merk-merk terkenal seperti Toyota, Mazda, Jeep, Volvo, Peugeot, sampai Alfa Romeo konsisten menggunakan transmisi keluaran Aisin. Data pasar di tahun 2005, Aisin berhasil menguasai pangsa pasar sistem transmisi mobil sebesar 16,4% dengan memproduksi 4,9 juta unit sistem transmisi dan telah melampaui General Motor.
    20121105-082323 AM.jpg
    Alfa Romeo Brera Menggunakan Transmisi Otomatis Aisin AWTF-80 SC
    Aisin pertama kali memproduksi transmisi otomatis pada tahun 1969 setelah bekerjasama dengan produsen sistem transmisi lainnya BorgWarner. Sistem transmisi otomatis yang diproduksi oleh Aisin menggunakan prinsip dasar planetary gearset seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Sebagai salah satu contoh sistem transmisi otomatis terbaru yang dikembangkan oleh Aisin adalah tipe AWTF-80 SC. Transmisi tipe ini digunakan pada mobil-mobil mewah seperti Alfa Romeo (159, Brera, Spider), Cadillac BLS, Citroën (C6, DS5), Fiat Croma, Ford (Fusion, Mondeo), Land Rover (FreeLander 2, Range Rover Evoque), Mazda (CX-7, CX-9), Opel (Zafira, Insignia), Peugeot (508, 607), Renault (Espace, Vel Satis), dan Volvo (V60, S80, CX70, CX90).
    20121105-103414 AM.jpg
    Sistem Transmisi Aisin AWTF-80 SC
    Transmisi Aisin AWTF-80 SC didesain untuk mesin mobil jenis transversal yang dapat menghasilkan torsi sebesar 440 N·m (324.5 ft·lbf). Mesin transversal adalah mesin dengan posisi crankshaft tegak lurus terhadap sumbu utama mobil, posisi ini sangat umum dipakai pada mobil dengan penggerak roda depan.
    20121105-103555 AM.jpg
    Spesifikasi Aisin AWTF-80 SC
    Tim desainer Aisin AWTF-80 SC membuat transmisi ini memiliki 6 tingkat percepatan yang memiliki ukuran blok transmisi yang sama dengan sistem manual. Transmisi ini mengkombinasikan sistem transmisi roda gigi planetary berpinion 5 dengan sistem roda gigi Ravigneaux yang memiliki dua roda gigi matahari dengan ukuran yang berbeda. Perpindahan antar rasio roda gigi diatur oleh sistem kopling clutch-to-clutch. Sistem kopling clutch-to-clutch menghilangkan fungsi pita baja yang digunakan untuk mengunci roda gigi pada posisi stasioner, karena digunakannya kopling gesek kedua untuk mengunci kopling gesek yang pertama yang sedang mengunci roda gigi pada posisi tertentu.
    Pengaturan sistem clutch-to-clutch ini dilakukan oleh sistem kontrol elektrik (Transmission Control Module/TCM) canggih. Pada transmisi Aisin AWTF-80 SC, TCM terletak di dalam blok sistem transmisi, sehingga tidak diperlukan sistem perkabelan yang rumit di luar sistem transmisi. Sistem transmisi ini membutuhkan oli hidrolis sebanyak 8 liter untuk operasionalnya.
    (Sumber)
  • Transmisi Otomatis Produksi General Motors General Motors (GM) menjadi produsen mobil pertama yang menggunakan sistem transmisi gearbox otomatis di dunia. Mobil pertama yang diproduksi oleh GM dengan transmisi otomatis adalah Oldsmobiles pada tahun 1939 dan dipasarkan setahun setelahnya. Sejak saat itu sistem transmisi otomatis yang dikembangkan oleh GM terus berkembang. Dan berikut adalah teknologi-teknologi transmisi otomatis tersebut:
    • Hydramatic (1940-1970). Menjadi sistem transmisi otomatis pertama yang dikembangkan oleh GM. Transmisi ini menggunakan tiga set roda-gigi planetary, dua fluid-coupling (bukan torsi konverter), serta dua pompa hidrolis. Hydramatic memiliki 4-percepatan maju dan 1-percepatan mundur. 20121105-015305 PM.jpg
      Transmisi Hydramatic
      Perkembangan selanjutnya sistem hydramatic digunakan pada berbagai merk mobil keluaran GM, diantaranya adalah Flightpitch, Dynaflow, dan Dual Path Turbine Drive untuk Buick, Powerglide untuk Chevrolet, Turboglide untuk Chevrolet V8, serta Roto-Hydramatic untuk Oldsmobiles.
    • Turbo-Hydramatic (1970-1990an). Turbo-Hydramatic (TH) adalah pengembangan dari sistem Hydramatic. Perubahan yang dilakukan GM adalah dengan menggantikan posisi fluid-coupling dengan torque-converter. 20121105-020412 PM.jpg
      Transmisi Turbo-Hydramatic
      Transmisi Turbo-Hydramatic tidak hanya digunakan oleh mobil-mobil keluaran GM saja, namun juga merk-merk mobil terkenal lainnya seperti Ferrari 400, Jaguar XJ-12, Rolls-Royce Silver Shadow, dan Nissan Prince Royal.
    • Electronic-Hydramatic (1990-sekarang). Pengembangan yang dilakukan GM untuk sistem transmisi yang terakhir adalah Electronic-Hydramatic (EH). Salah satu transmisi EH adalah tipe 4L30-E yang diproduksi oleh GM divisi transmisi yang ada di Strasbourg, Perancis. Salah satu mobil yang menggunakan transmisi tipe ini adalah BMW 325i keluaran tahun 1992-1995. 20121105-023825 PM.jpg
      20121105-023941 PM.jpg
      Transmisi Electronic-Hydramatic Tipe 4L30-E
      Sistem kontrol elektronik pada tipe 4L30-E memiliki fasilitas-fasilitas canggih seperti kemampuan adaptif sistem terhadap gaya mengemudi pengendara, pengaturan kompensasi temperatur dan tekanan oli hidrolis, proteksi over-speed pada mesin, proteksi terhadap temperatur tinggi yang ekstrim, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar